PELATIHAN

LRMPHP telah banyak melakukan pelatihan mekanisasi perikanan di stakeholder diantaranya yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR), Kelompok Pembudidaya Ikan, Pemerintah Daerah/Dinas Terkait, Sekolah Tinggi/ Universitas Terkait, Swasta yang memerlukan kegiatan CSR, Masyarakat umum, dan Sekolah Menengah/SMK

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan

LRMPHP sebagai UPT Badan Riset dan SDM KP melaksanakan riset mekanisasi pengolahan hasil perikanan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 81/2020

Tugas Pokok dan Fungsi

Melakukan tugas penelitian dan pengembangan strategis bidang mekanisasi proses hasil perikanan di bidang uji coba dan peningkatan skala teknologi pengolahan, serta rancang bangun alat dan mesin untuk peningkatan efisiensi penanganan dan pengolahan hasil perikanan

Kerjasama

Bahu membahu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan dengan berlandaskan Ekonomi Biru

Sumber Daya Manusia

LRMPHP saat ini didukung oleh Sumber Daya Manusia sebanyak 20 orang dengan latar belakang sains dan engineering.

Jumat, 11 Oktober 2024

Pelantikan JFT Analis SDMA Pegawai LRMPHP

Kepala Badan Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BPPSDM KP) I Nyoman Radiarta melantik 4 Pejabat Fungsional lingkup BPPSDM KP, di Jakarta, pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2024. Turut hadir Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Kemasyarakatan & Hubungan Antar Lembaga dan para pejabat Eselon II lingkup BPPSDM KP.

Dari 4 pegawai yang dilantik tersebut, 1 diantaranya merupakan pegawai Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan (LRMPHP), yaitu Gilang Ramadan Israwan S.AP yang dilantik dalam jabatan fungsional Analis Sumber Daya Manusia dan Aparatur (SDMA) LRMPHP. 

Adapun pejabat fungsional lainnya yang dilantik, yaitu Hendriyan, Arsiparis Ahli Pertama Politeknik Ahli Usaha Perikanan, Bagus Oktori Sutrisno, Dosen (Lektor) Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang dan Dedy Heru Susanto, Analis SDMA Ahli Muda Pusdik KP .

Dalam pelantikan tersebut, Kepala BPPSDM KP memberikan ucapan selamat kepada para pejabat fungsional yang dilantik, dan berharap dapat membawa khasanah dan kemajuan di BPPSDM KP. Kepala BPPSDM KP juga turut mengingatkan bahwa sumpah yang diucapkan bukan sekedar dibaca tapi ditaati dengan integritas penuh sesuai core value aparatur sipil negara (ASN) “BerAKHLAK” yang menjadi landasan dalam bekerja dan integritas, dimulai dari diri sendiri sebagai pemacu semangat untuk kemajuan BPPSDM KP, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI .


Kamis, 10 Oktober 2024

Penguatan Jejaring Kerja sama dengan SMKN 1 Tanjungsari

Dalam rangka penguatan jejaring kerjasama dengan pengguna layanan (stake holder), LRMPHP mengunjungi SMKN 1 Tanjungsari Gunungkidul pada 8 Oktober 2024. Kegiatan ini untuk mereview dan mengevaluasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara  LRMPHP dan SMKN 1 Tanjungsari tentang kemitraan terkait pelatihan dan pengembangan sekolah menengah kejuruan berbasis kompetensi yang link and match dengan industri.

Pada kesempatan ini, LRMPHP yang diwakili oleh Tim Pelayanan Teknis menyampaikan bahwa kunjungannya ini untuk memastikan pelaksanaan kerja sama tetap berjalan sesuai rencana awal sekaligus membahas kegiatan yang belum terlaksana dalam ruang lingkup kerja sama yang telah disepakati. Ruang lingkup kerja sama meliputi praktik kerja lapangan bagi siswa dan/atau guru, penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi yang link and match dengan industri, dan pelatihan siswa dan/atau guru. 

Sejalan dengan penjelasan LRMPHP, SMKN 1 Tanjungsari yang diwakili Plt. Kepala Sekolah beserta jajarannya mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin selama ini, harapannya agar kegiatan praktik kerja lapangan bagi SMKN 1 Tanjungsari di LRMPHP dapat terus dilanjutkan guna mendukung program sekolah berbasis kompetensi yang link and match dengan dunia industri. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan lulusan SMKN 1 Tanjungsari memasuki dunia kerja. 

Sebagai tindak lanjut dalam diskusi pembahasan kerja sama, kedepannya akan dilakukan akselerasi dan sinkronisasi kurikulum, dan akan dilakukan pelatihan bagi siswa dan/atau guru SMKN 1 Tanjungsari. Materi pelatihan yang akan diberikan berupa perakitan sistem pendingin thermo electric cooler dan pengasapan ikan dengan asap cair  di SMKN 1 Tanjungsari pada akhir tahun. 

Dalam kunjungannya ini, Tim LRMPHP berkesempatan melihat beberapa media pembelajaran siswa-siswi SMKN 1 Tanjungsari diantaranya Laboratorium APHPi (Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan), Laboratorium NKPI (Nautica Kapal Penangkapan Ikan), bengkel kelistrikan dan mesin pendingin, serta kolam budidaya ikan. 


Rabu, 09 Oktober 2024

Menteri Trenggono Kukuhkan 4 Guru Besar Dukung Transformasi Pendidikan KP

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengukuhkan empat guru besar Politeknik Ahli Usaha Perikanan (AUP). Pengukuhan tersebut merupakan upaya dalam mendukung transformasi satuan pendidikan kelautan dan perikanan.

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, sejak memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), pihaknya sudah dua kali mengukuhkan guru besar vokasi dengan total sebanyak enam guru besar.

"Saya ucapkan selamat kepada para guru besar yang selama saya menjabat sudah ada enam yang dikukuhkan. Ini sesuatu yang luar biasa, sebuah capaian tertinggi” kata Menteri Trenggono dalam sambutannya di Politeknik AUP, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2024).

Dengan bertambahnya guru besar vokasi, lanjut Menteri Trenggono, standar penyelenggaraan Pendidikan harus semakin baik dan dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja, terserap oleh pengguna, dan memiliki komitmen tinggi untuk aktif terlibat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan.

Menteri Trenggono meminta Politeknik AUP menerapkan standar pendidikan tinggi kelas dunia untuk mencapai status unggul pada akreditasi. Sehingga lulusannya dapat diakui secara global.

"Transformasi Pendidikan tinggi unggul Kelautan dan Perikanan akan menuju pada terbentuknya Ocean Institute of Indonesia (OII) yang akan menjadi center of excellence dengan melakukan pembenahan kurikulum dan sistem pembelajaran," jelasnya.

Keempat guru besar yang dikukuhkan tersebut adalah Guru Besar Bidang Ilmu Pengolahan Hasil Perikanan Prof. Dr. Aef Permadi, S.Pi, M.Si.; Guru Besar Bidang Ilmu Sumber Daya Perairan Prof. Dr. Ir I Nyoman Suyasa, M.S.; Guru Besar Bidang Ilmu Akuakultur Prof. Dr. Ir. O.D. Soebhakti Hasan, M.Si.; serta Guru Besar Bidang Ilmu Teknologi Penangkapan Ikan Prof. Dr. Maman Hermawan, M.Sc.

Sementara itu, Kepala BPPSDM Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDM) I Nyoman Radiarta mengatakan, pihaknya memiliki tagline menuju OII, dengan perbaikan manajemen, pola pendidikan, kurikulum, dan efisiensi. 

Pengukuhan guru besar ini, lanjut Nyoman merupakan salah satu komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di lingkungan KKP menuju OII.

"Ini merupakan komitmen kami untuk terus bertransformasi menuju OII," ungkapnya. 

Resmikan Neptune Arena 

Usai melakukan pengukuhan guru besar, Menteri Trenggono meresmikan lapangan mini soccer neptune arena yang menjadi fasilitas olahraga para taruna.

Lapangan mini soccer berumput sintetis hijau itu terbentang luas. Memiliki panjang 50 meter dengan lebar 30 meter, lapangan mini soccer tampak indah dilengkapi tribun dan fasilitas lainnya.

“Ini adalah salah satu fasilitas yang pelan pelan terus ditambah dan diperbaiki,” ujarnya.

Transformasi Pendidikan tinggi unggul Kelautan dan Perikanan akan menuju pada terbentuknya Ocean Institute of Indonesia (OII) yang akan menjadi center of excellence dengan melakukan pembenahan kurikulum dan sistem pembelajaran. 

Untuk itu, Menteri Trenggono berharap agar peningkatan sarana dan berbagai inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi mampu memberikan semangat baru bagi para taruna/i untuk terus menjaga motivasi dan dedikasi dalam mengejar cita-cita akademik mereka.

“AUP banyak menghasilkan orang orang hebat, terus semangat. Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” pungkasnya.



Sumber : kkp