Kamis, 10 Oktober 2024

Penguatan Jejaring Kerja sama dengan SMKN 1 Tanjungsari

Dalam rangka penguatan jejaring kerjasama dengan pengguna layanan (stake holder), LRMPHP mengunjungi SMKN 1 Tanjungsari Gunungkidul pada 8 Oktober 2024. Kegiatan ini untuk mereview dan mengevaluasi Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara  LRMPHP dan SMKN 1 Tanjungsari tentang kemitraan terkait pelatihan dan pengembangan sekolah menengah kejuruan berbasis kompetensi yang link and match dengan industri.

Pada kesempatan ini, LRMPHP yang diwakili oleh Tim Pelayanan Teknis menyampaikan bahwa kunjungannya ini untuk memastikan pelaksanaan kerja sama tetap berjalan sesuai rencana awal sekaligus membahas kegiatan yang belum terlaksana dalam ruang lingkup kerja sama yang telah disepakati. Ruang lingkup kerja sama meliputi praktik kerja lapangan bagi siswa dan/atau guru, penyelarasan kurikulum berbasis kompetensi yang link and match dengan industri, dan pelatihan siswa dan/atau guru. 

Sejalan dengan penjelasan LRMPHP, SMKN 1 Tanjungsari yang diwakili Plt. Kepala Sekolah beserta jajarannya mengapresiasi kolaborasi yang telah terjalin selama ini, harapannya agar kegiatan praktik kerja lapangan bagi SMKN 1 Tanjungsari di LRMPHP dapat terus dilanjutkan guna mendukung program sekolah berbasis kompetensi yang link and match dengan dunia industri. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan lulusan SMKN 1 Tanjungsari memasuki dunia kerja. 

Sebagai tindak lanjut dalam diskusi pembahasan kerja sama, kedepannya akan dilakukan akselerasi dan sinkronisasi kurikulum, dan akan dilakukan pelatihan bagi siswa dan/atau guru SMKN 1 Tanjungsari. Materi pelatihan yang akan diberikan berupa perakitan sistem pendingin thermo electric cooler dan pengasapan ikan dengan asap cair  di SMKN 1 Tanjungsari pada akhir tahun. 

Dalam kunjungannya ini, Tim LRMPHP berkesempatan melihat beberapa media pembelajaran siswa-siswi SMKN 1 Tanjungsari diantaranya Laboratorium APHPi (Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan), Laboratorium NKPI (Nautica Kapal Penangkapan Ikan), bengkel kelistrikan dan mesin pendingin, serta kolam budidaya ikan. 


0 comments:

Posting Komentar