PELATIHAN

LRMPHP telah banyak melakukan pelatihan mekanisasi perikanan di stakeholder diantaranya yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR), Kelompok Pembudidaya Ikan, Pemerintah Daerah/Dinas Terkait, Sekolah Tinggi/ Universitas Terkait, Swasta yang memerlukan kegiatan CSR, Masyarakat umum, dan Sekolah Menengah/SMK

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan

LRMPHP sebagai UPT Badan Riset dan SDM KP melaksanakan riset mekanisasi pengolahan hasil perikanan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 81/2020

Tugas Pokok dan Fungsi

Melakukan tugas penelitian dan pengembangan strategis bidang mekanisasi proses hasil perikanan di bidang uji coba dan peningkatan skala teknologi pengolahan, serta rancang bangun alat dan mesin untuk peningkatan efisiensi penanganan dan pengolahan hasil perikanan

Kerjasama

Bahu membahu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan dengan berlandaskan Ekonomi Biru

Sumber Daya Manusia

LRMPHP saat ini didukung oleh Sumber Daya Manusia sebanyak 20 orang dengan latar belakang sains dan engineering.

Kamis, 18 Agustus 2016

LPPMPHP kirimkan 12 KTI pada Semnaskan UGM 2016

Tahun 2016 ini, penyelenggaran Seminar Nasional Hasil-hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan (Semnaskan) UGM merupakan penyelenggaran tahun ke-XIII. Semnaskan UGM XIII ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus 2016 di Departemen Perikanan - UGM, serta merupakan hasil kerjasama antara UGM dan Puslitbang Daya Saing Produk dan Bioteknologi KP (P3DSPB). Dalam kesempatan ini, LPPMPHP dengan difasilitasi oleh P3DSPB mengirimkan 12 KTI serta mendapatkan booth untuk pameran.

Sambutan Kepala P3DSPB
Suasana pembukaan Semnaskan UGM XIII
Pembukaan kegiatan semnaskan dilaksanakan di Aula Fakultas Pertanian UGM dengan rangkaian acara meliputi laporan ketua Panitia, sambutan Kepala P3DSPB KP, pembukaan kegiatan oleh Wakil Rektor IV UGM, dan dilanjutkan dengan sambutan oleh dan paparan kunci oleh 2 orang narasumber (J. Soetanto dari PT Iroha Sidat Indonesia dan Dr. Eko Setyobudi dari Dept Perikanan UGM). Usai acara pembukaan, kegiatan semnaskan kemudian dilanjutkan dengan kelas-kelas seminar yang gedung A4 Dept. Perikanan.

Data 12 KTI yang dipresentasikan, baik melalui oral maupun poster sebagai berikut :
  • Optimasi Waktu Pengisian Adonan Tahu Tuna (Thunnus sp) dengan Alat pengisi Adonan Sistem Pedal Listrik Menggunakan Metode Fuzzy Logics - I Made Susi Erawan dan Koko Kurniawan

  • Rancangbangun Mesin Pencuci Rumput Laut berdasarkan Keergonomisan - Linna Sulityowati, Zaenal Arifin Siregar dan Bakti B. Sedayu

  • Desain Alat Pengukus Nugget Ikan Skala UKM dan Uji Kinerja Sebaran Suhu - Tri Nugroho Widianto, Naila Zulfia dan Toni Dwi N

  • Tingkat Keseragaman Suhu Ruang Freezer dan Penentuan Posisi Optimal untuk Pembekuan dan Penyimpanan Ikan - Luthfi Assadad dan Putri Wullandari

  • Pembuatan Pupuk Granul Rumput Laut menggunakan Prototipe Granulator Horisontal dengan Variasi Kecepatan Putaran Chopper - Wahyu Tri H Handoyo dan Bakti B. Sedayu

  • Metode Pengolahan Citra Mata untuk Menentukan Kesegaran Ikan Tuna berbasis Wavelet dan Analisa Tekstur - Koko Kurniawan dan I Made Susi Erawan

  • Rancangbangun Mesin Pencacah dan Penggiling Rumput Laut Sistem Berkelanjutan - Zaenal Arifin Siregar dan Putri Wullandari

  • Kajian Metode Pengolahan Citra Mata Ikan dengan Parameter Region Properties untuk Menentukan Tahap Kemunduran Mutu Ikan Tuna (Thunnus sp) - I Made Susi Erawan dan Koko Kurniawan

  • Prototipe Mesin Penggiling Daging untuk Pengolahan Nugget Ikan (tahapan uji pendahuluan) - Naila Zulfia, Tri Nugroho Widianto, dan Toni Dwi N

  • Karakterisasi Proses Produksi dan Kualitas Tepung Ikan di Beberapa Pengolah Skala Kecil - Wahyu Tri H dan Luthfi Assadad

  • Analisis Teknis dan Ekonomis Penggunaan Heatsink Berbahan Aluminium dan Tembaga pada Komponen TES ALTIS-2 - Ahmat Fauzi, Tri Nugroho Widianto, dan Arif Rahman Hakim

  • Optimalisasi Jumlah dan Susunan Peltier terhadap performansi ALTIS-2 - Caesar Mahendra dan Arif Rahman Hakim
Presentasi oral - Linna S
Presentasi Oral - Luthfi A
Presentasi Oral - Wahyu Tri H
Presentasi Oral - Made
Presentasi Oral - Toni
Kredit foto : tim DIME P3DSPB dan tim PT LPPMPHP

Rabu, 17 Agustus 2016

LPPMPHP memperingati HUT RI ke-71

17 agustus (1)
Dalam rangka memperingati hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan RI ke-71, serta berdasarkan undangan dari Camat Jetis; sebanyak 28 pegawai LPPMPHP mengikuti upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-71 yang diselenggarakan di halaman desa Patalan Jetis. Upacara dimulai pada pukul 09.00 dengan inspektur upacara adalah Bapak Camat Jetis (Bapak Jazim Azis). Upacara berlangsung dengan khidmat dan berakhir kurang lebih pada pukul 10.00.

Peneliti LPPMPHP kirimkan 3 paper di Semnas TTG III

image008

Berdasarkan undangan (Nomor: 2016/1468835586) dan hasil seleksi makalah, 3 pegawai dari LPPMPHP mengikuti rangkaian Konferensi dan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna ke III yang dilaksanakan di Graha Solo Raya Jl Slamet Riyadi No 1 Solo pada tanggal 11-12 Agustus 2016.

Hari kedua merupakan hari pelaksanaan seminar nasional TTG, dengan peserta yang menyampaikan paparan hasil penelitian baik melalui oral maupun poster sebanyak 21 makalah. LPPMPHP mengirimkan 3 makalah, yang terdiri dari 1 presentasi oral dan 2 presentasi poster. Berikut adalah judul-judul makalah / KTI yang dipresentasikan:
  • Pengembangan Desain Alat Transportasi Ikan Segar Roda Dua Berpendingin (Altis-2) Untuk Pedagang Ikan Keliling (Tri Nugroho dkk)

  • POSTER : Perancangan Sistem Hibrid Pembangkit Listrik Tenaga Surya dengan PLN untuk Mesin Pembuat Es (Ice Maker) (Putri W dkk)

  • POSTER : Simulasi Aliran Udara pada Lemari Peniris Tahu Tuna dengan Sistem Aliran Udara Paksa (I Made Susi Erawan dkk)

image007
Presentasi oral - Tri Nugroho W

image006
Presentasi poster - 2 KTI

Tiga peneliti LPPMPHP mengikuti Konferensi Teknologi Tepat Guna ke III

image003

Tiga orang peneliti LPPMPHP (Tri Nugroho, Luthfi A dan Naila Z) mengikuti Konferensi Teknologi Tepat Guna ke III yang diselenggarakan di Graha Solo Raya (Solo) pada tanggal 11 Agustus 2016. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Puslitbang TTG LIPI Subang, dan menjadi salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional yang dikomandani oleh Kementerian Ristek Dikti.

Acara ini dibuka oleh Kepala LIPI, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Kepala Pusat TTG LIPI dengan mitra Pusat TTG LIPI, penyerahan awards dan serangkaian pemaparan. Pemaparan kunci disampaikan oleh Sekjen Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI, yang dilanjutkan dengan pemaparan oleh beberapa narasumber lainnya, meliputi
  • Deputi Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bidang Pengembangan Regional
    Ir. Arifin Rudiyanto M.Sc, Ph.D. (Materi : Perencanaan dan program Nasional Pemanfaatan TTG untuk Mendukung Peningkatan Sistem Inovasi di Daerah)

  • Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristekdikti
    Dr. Ir. Jumain Appe, M.Si (Materi : Pembangunan Ekonomi Berbasis Iptek Melalui Penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa)

  • Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik - LIPI
    Dr. L.T Handoko (Materi : Peranan lembaga litbang dalam pemanfaatan Teknologi Tepat Guna untuk Mendukung Peningkatan Sistem Inovasi di Daerah.)

Sesi pemaparan ini, kemudian dilanjutkan dengan sesi pembahasan oleh panel yang terdiri dari akademisi, pebisnis dan praktisi; serta dilanjutkan dengan sidang komisi. Mengingat keterbatasan jumlah peserta, maka pelaksanaan sidang komisi dilakukan secara maraton pada ruang yang sama. Acara konferensi ini ditutup dengan pembacaan rumusan konferensi TTG ke III oleh Kepala Pusat TTG LIPI.

image001

image002  image004

Jumat, 05 Agustus 2016

Sosialisasi Reformasi Birokrasi lingkup Puslitbang Daya Saing Produkdan Bioteknologi KP

6bba34c0-9fdc-4fcd-b11d-b0324eb5ee9e

Dua orang pegawai LPPMPHP, masing-masing dari tata usaha dan tata operasional (Gilang R. Israwan dan Koko Kurniawan) mengikuti Sosialisasi Reformasi Birokrasi di Aula Sofyan Ilyas P3DSPB yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2016. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat struktural dan fungsioanl P3DSPB, dengan narasumber Bapak Teuku Nilwan (Inspektur IV - KKP).


Peserta sosialisasi RB
Peserta sosialisasi RB

Kredit foto: tim P3DSPB KP

Senin, 01 Agustus 2016

Tim Keuangan LPPMPHP mengikuti penyusunan laporan keuangan semester 1lingkup BalitbangKP

image004

Tim keuangan LPPMPHP yang terdiri dari Koordinator TU, Bendahara Pengeluaran dan Operator SAI mengikuti penyusunan laporan keuangan semester 1 lingkup BalitbangKP, yang terdiri dari kegiatan pra rekonsiliasi dan kegiatan rekonsiliasi laporan keuangan. Kegiatan ini dilaksanakan di Bogor Salak Tower Hotel. Kegiatan pra rekonsiliasi sendiri sudah dibuka dan dimulai pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016. Namun demikian, pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2016, satker LPPMPHP belum maju untuk mengikuti pra-rekonsiliasi karena masih ada beberapa dokumen yang dalam perbaikan. Kegiatan pra-rekonsiliasi sendiri berupa review dan pemeriksaan kelengkapan (check-list item) dan pengecekan substansi laporan keuangan oleh tim review internal BalitbangKP.

Kegiatan rekonsiliasi data laporan keuangan semester I TA 2016 dilaksanakan tanggal 26 - 29 Juli 2016. Kegiatan ini dibuka pada tanggal 26 Juli 2016 siang oleh Sekretaris BalitbangKP (Dr. Indra Sakti), serta diisi juga dengan pemaparan materi oleh beberapa narasumber, yaitu Kepala Biro Keuangan, Inspektur IV dan Inspektur V.

Materi yang dipaparkan oleh Sekretaris BalitbangKP yaitu reviu status terkini masalah penyelesaian laporan keuangan, penyelesaian satker inaktif (P4KSI, P3TKP dan P4B), penyelesaian PNBP, barang bantuan ke masyarakat/pemda 526, mutasi BMN dari satker inaktif, serta pelaksanaan anggaran berbasis akrual.

Materi yang dipaparkan oleh kepala Biro keuangan yaitu pedoman penyusunan laporan keuangan semester 1 TA 2016, tindaklanjut audit BPK yang mempengaruhi saldo akhir 2015 dan saldo awal 2016 (audited) serta potensi selisih (status unregistered) yang diakibatkan oleh belum dilakukan rekonsiliasi internal antara SIMAK BMN dan SAIBA. Adapun inspektur IV lebih menyoroti ke sisi perencanaan penganggaran dan status WTP KKP, sedangkan inspektur V memberikan pembekalan mengenai gratifikasi dan integritas.

Usai pembukaan, dilakukan pembentukan tim review yang terdiri dari staf bagian keuangan dan umum BalitbangKP serta tim auditor dari Itjen (Inspektorat IV). Tim dari LPPMPHP mendapatkan giliran untuk direview oleh auditor pada hari Kamis tanggal 28 Juli 2016. Beberapa perbaikan yang diminta oleh tim review yaitu penjelasan mengenai LPE, pembayaran uang makan Desember 2015 yang dilakukan pada bulan Januari 2016 dengan DIPA TA 2016, serta perincian uang persediaan senilai Rp 200.000.000,- (kuitansi belum di-SP2D-kan, uang tunai di kas bendahara / brankas, uang di PUMK, serta uang dalam bentuk saldo di rekening Bendahara Pengeluaran).



image002
Pengecekan oleh tim internal BalitbangKP

Usai perbaikan, pelaksanaan rekonsiliasi data SAI tim LPPMPHP telah selesai yang dibuktikan dengan penandatanganan form CHR dari Itjen. Acara rekonsiliasi data SAI ini ditutup pada hari Jumat tanggal 29 Juli 2016 oleh Sekretaris BalitbangKP.

image003
Pengecekan oleh tim auditor KKP

Sosialisasi dan Bimtek Perdirjen Perbendaharaan No. PER-31/PB/2016

index

Berdasarkan undangan dari KPPN Yogyakarta, 2 orang pegawai LPPMPHP (Koordinator Tata Usaha dan staf TU) menghadiri undangan Sosialisasi dan Bimtek Perdirjen Perbendaharaan No. PER-31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yg dibebankan pada APBN di KPPN pada tanggal 29 Juli 2016. Peraturan ini berlaku 2 bulan sejak tanggal ditetapkan (29 Juni 2016). Tindaklanjut dari adanya peraturan dan sosialisasi peraturan ini yaitu penyiapan kelengkapan berkas dan dokumen yang diperlukan untuk pembayaran, seperti dokumen kepegawaian, NPWP dan rekening bank.