PELATIHAN

LRMPHP telah banyak melakukan pelatihan mekanisasi perikanan di stakeholder diantaranya yaitu Kelompok Pengolah dan Pemasar (POKLAHSAR), Kelompok Pembudidaya Ikan, Pemerintah Daerah/Dinas Terkait, Sekolah Tinggi/ Universitas Terkait, Swasta yang memerlukan kegiatan CSR, Masyarakat umum, dan Sekolah Menengah/SMK

Loka Riset Mekanisasi Pengolahan Hasil Perikanan

LRMPHP sebagai UPT Badan Riset dan SDM KP melaksanakan riset mekanisasi pengolahan hasil perikanan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan nomor 81/2020

Tugas Pokok dan Fungsi

Melakukan tugas penelitian dan pengembangan strategis bidang mekanisasi proses hasil perikanan di bidang uji coba dan peningkatan skala teknologi pengolahan, serta rancang bangun alat dan mesin untuk peningkatan efisiensi penanganan dan pengolahan hasil perikanan

Kerjasama

Bahu membahu untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kelautan dan perikanan dengan berlandaskan Ekonomi Biru

Sumber Daya Manusia

LRMPHP saat ini didukung oleh Sumber Daya Manusia sebanyak 20 orang dengan latar belakang sains dan engineering.

Kamis, 28 November 2019

RAKOR PERENCANAAN JANGKA MENENGAH BRSDM 2020-2024

 Rakor perencanaan jangka menengah BRSDMKP di Bogor
Kepala LRMPHP dan Koordinator Tata Operasional mengikuti rapat koordinasi perencanaan jangka menengah Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan yang dilaksanakan di Bogor pada tanggal 25-27 Nopember 2019.

Rakor ini dibuka secara resmi oleh Kepala BRSDM, Prof. Sjarief Widjaja pada tanggal 25 Nopember 2019. Dalam arahannya, beliau menyampaikan lima hal pokok terkait dengan arahan utama Presiden RI pada saat pelantikan tanggal 20 Oktober 2019 lalu, serta mengulasnya sesuai dengan tugas fungsi dan kondisi terkini di BRSDM. Lima hal tersebut yakni pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur,  penyederhanaan regulasi, penyederhanaan birokrasi dan transformasi ekonomi.

Kelima hal tersebut sangat terkait dengan unit-unit yang ada di BRSDM. Selain itu, rancangan RPJMN BRSDM juga telah mengalami beberapa kali revisi, yang mana hal ini disesuaikan dengan visi misi presiden dan arahan menteri kelautan dan perikanan bapak Edhy Prabowo. Hal ini disampaikan oleh Bapak Rudi Alex, selaku Perencana Madya Biro Perencanaan KKP yang hadir memberikan pencerahan mengenai kisi-kisi RPJMN KKP 2019-2024.

Narasumber lain yang dihadirkan yaitu Asisten Deputi Pendayagunaan IPTEK Maritim yang memaparkan tentang penanganan Marine Debris (Sampah Plastik di laut) yang menjadi salah satu fokus kegiatan di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Selanjutnya, rangkaian agenda rakor dilanjutkan dengan sidang kelompok, baik berdasarkan unit kerja eselon II, maupun berdasarkan tematik arahan menteri KP. Untuk sidang kelompok lingkup Pusat Riset Perikanan, beberapa hal yang diusulkan dalam RPJMN sebagai "new initiative" yaitu: pengembangan desa inovasi, gelar inovasi hasil riset perikanan, simposium hasil riset perikanan, pengukuran tingkat efektivitas pemanfaatan hasil riset perikanan kepada masyarakat dan pembangunan bank data riset perikanan.

Hasil diskusi dalam sidang kelompok, selanjutnya dipaparkan pada peserta rakor serta dimasukkan dalam rumusan rakor.

Selasa, 26 November 2019

Optimalisasi Pelayanan Publik, KKP luncurkan Aplikasi INTRA D-Lan

Optimalisasi Pelayanan Publik, KKP luncurkan Aplikasi INTRA D-Lan

Guna mengoptimalisasi pelayanan publik, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan inovasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi berupa aplikasi Intra D-Lan di Kantor Pusat KKP, pada Selasa 26 November 2019, Jakarta.
Peluncuran ini secara resmi dilakukan oleh Budi Sulistiyo Kepala Pusat Data, Statistik, dan Informasi, dan dihadiri oleh para pengguna jasa Pelayanan Terpada Satu Pintu (PTSP) KKP dan perwakilan unit eselon I di KKP.
Aplikasi INTRA D-LAN ini ditunjukkan untuk mempermudah pengguna jasa dalam pengurusan dokumen perijinan, transparansi memberikan urutan pengguna jasa yang dipublikasikan, serta mengontrol pengguna jasa yang dikuasakan di PTSP KKP.
Melalui fitur tracking yang dimiliki aplikasi INTRA D-LAN, para pengguna jasa dapat dengan mudah mengetahui tahapan proses perizinan yang diajukan.
Untuk menggunakan aplikasi ini, para pengguna jasa dapat mengakes INTRA D-LAN secara mandiri melalui telepon seluler, perangkat komputer atau laptop secara mandiri melalui halaman http://ptsp.kkp.go.id/antrian/login.
Sumber : KKPNews

Kamis, 21 November 2019

PENGUJIAN KUALITAS FILLET IKAN BERBASIS PENGOLAHAN CITRA DIGITAL


Fillet ikan sebagai salah satu produk andalan perikanan dihasilkan dari ikan yang telah dipisahkan atau dipotong dengan arah memanjang pada salah satu sisi tubuh ikan yang sejajar dengan tulang belakang ikan. Sebagai salah satu produk ekspor andalan, mutu yang konsisten dan terjaga sangat diisyaratkan oleh sejumlah negara pengimpor. Salah satu masalah utama pada fillet ikan yaitu keberadaan duri atau tulang yang tertinggal di dalamnya. 

Sejumlah metode deteksi duri ikan dalam fillet telah dikembangkan oleh sejumlah peneliti sebelumnya berbasis sinar Ultra Violet (UV) dan X Ray namun masih tingginya biaya operasional menjadi kendala dalam implementasi lanjutan.  Untuk mengatasi kendala tersebut sejumlah peneliti di King Mongkut’s Institute of Technology Ladkrabang, Bangkok mengajukan sistem penilaian mutu fillet ikan berbiaya rendah menggunakan image processing.Secara umum sistem yang dibangun mencakup conveyer belt, lampu UV, Kamera CCD, sirkuit elektronik, kartu grafis interface, dan komputer. Komputer digunakan untuk sistem kontrol dan analisis citra. Lampu UV digunakan pada panjang gelombang 340 nm untuk memancarkan sinar ultraviolet pada sampel fillet ikan yang dinilai kualitasnya. Kamera Webcam digunakan untuk menangkap citra fillet ikan.

Penelitian pendahuluan yang dipublikasikan pada International Conference on Computer, Communications and Information Technology (CCIT 2014) tersebut mengungkapkan  proses evaluasi yang dikembangkan tersebut sangat tergantung pada dua algoritma penting image processing yaitu proses segmentasi dan perhitungan area tulang ikan. Algoritma segmentasi citra ditunjukkan pada Gambar 1, sementara Gambar 2 menampilkan algoritma kalkulasi area tulang ikan.
Gambar 1. Algoritma segmentasi citra (Rerkratn dan Kaewpoonsuk, 2014)
 
Gambar 2. Algoritma kalkulasi area tulang ikan (Rerkratn dan Kaewpoonsuk, 2014)
 Berdasarkan hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan teknik tresholding (pengambang batasan) mampu membedakan secara jelas antara fillet ikan, daging ikan saja, dan tulang atau duri ikan saja. Luas area tulang ikan yang berhasil dideteksi berkisar antara 3,64% hingga 20,23%. Kajian tersebut menunjukkan kemampuan sistem evaluasi yang dikembangkan menunjukkan hasil yang memuaskan untuk mendeteksi sekaligus menghitung jumlah tulang atau duri pada fillet ikan.


Penulis : I Made Susi Erawan, Peneliti LRMPHP

MEMBANGUN SISTEM CERDAS PEMBERIAN PAKAN IKAN BERBASIS IMAGE PROCESSING


Budidaya ikan menjadi bisnis yang menjanjikan pada dekade belakang. Kemampuannya untuk menciptakan sumber ekonomi baru sekaligus menyediakan sumber pangan bagi dunia menjadi salah satu alasan bidang tersebut menjadi primadona. Salah satu kunci sukses dalam budidaya ikan adalah pemberian pakan yang efektif. Sejumlah faktor penentu dalam proses pemberian pakan efektif adalah memperhatikan karakteristik spesies ikan terutama umur dan ukuran ikan serta perbedaan perilaku ikan selama proses tersebut.

Untuk menciptakan sistem pemberian pakan yang efektif sejumlah ilmuwan di departemen teknik elektro Universitas Liverpool, Inggris mengembangkan sebuah sistem pemberian pakan otomatis berbasis image processing. Sistem cerdas yang dikembangkan mampu menentukan perilaku sensori ikan berdasarkan rekaman tingkah laku makan ikan secara citra digital yang selanjutnya berdasarkan rekaman digital tersebut dapat menentukan tingkat kebutuhan makan ikan. Data tersebut kemudian digunakan untuk pemberian pakan ikan. Sistem yang dikembangkan juga mampu memecahkan masalah distribusi pakan yang efektif untuk seluruh ikan yang seringkali dijumpai pada sistem konvensional dimana ikan berukuran kecil cenderung tertinggal pertumbuhannya karena kompetisi memperebutkan makanan yang tidak seimbang.

Sistem canggih tersebut memiliki tiga komponen utama yaitu mekanisme pemberian pakan berupa tabung silinder horizontal dilengkapi dispenser otomatis dan pengatur celah pada satu sisi, algoritma image processing untuk menghitung total ikan dalam kolam budidaya dilanjutkan dengan pengukuran panjang dan bobot ikan serta pengukuran parameter pertumbuhan yaitu Feeding Effiency (Efisiensi Pakan) dan Specific growth Ratio (Rasio Pertumbuhan Spesifik). Secara keseluruhan diagram blok sistem yang diajukan digambarkan sebagai berikut:

Sumber gambar: DOI: 10.5121/csit.2018.81506




Penulis :  I Made Susi Erawan, Peneliti LRMPHP





Rabu, 20 November 2019

DESAIN EVAPORATOR PADA PALKA BERPENDINGIN


Salah satu cara teknologi penanganan ikan di atas kapal adalah menggunakan RSW yaitu dengan mendinginkan air laut yang akan digunakan untuk media pendinginan ikan. Metode ini dapat mengurangi resiko kerusakan fisik ikan dan proses pendinginan dapat berlangsung dengan cepat. Referegereted sea water (RSW) dapat menggunakan sistem pendingin kompresi uap secara konvensional yang terdiri dari komponen utama kondensor, kompresor, refrigerant R-22, katup ekspansi dan aksesories cooling unit lainya.

Salah satu bagian penting dalam sistem ini adalah desain evaporator yang memungkinkan penggunaan/aplikasi di atas kapal dengan mudah. Salah satunya telah dikembangkan oleh Widianto dkk. yang dimuat dalam Jurnal Pasca Panen dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan tahun 2018. Evaporator digunakan tipe bare tube yang dipasang mengelilingi dinding palkah. Evaporator terdiri dari susunan pipa dengan bahan tembaga yang berfungsi untuk mendinginkan langsung air laut di dalam palkah seperti ditunjukkan pada Gambar 1. Evaporator tipe ini memudahkan dalam perawatan dan dapat menyerap panas udara dalam palka secara langsung. Screen ditambahkan untuk melindungi evaporator dari kontak langsung dengan produk. Screen terbuat dari fiber berpori dengan diameter pori sebesar 15 mm. Air lautdalam palka didinginkan oleh pipa-pipa evaporator sampai suhu air laut mencapai -1 0C. Desain evaporator menggunakan pipa tembaga dengan tebal 1,6 mm, panjang 84 meter dan diameter 5/8 inch. Salah satu hasil pengujian suhu evaporator pada palka ditunjukkan pada Gambar 2. 
Gambar 1. Desain palka dan evaporator

Pada jam ke-8 suhu pipa evaporator telah mencapai -28oC, sedangkan suhu air -0,8oC. Suhu air yang terukur adalah suhu air pada posisi tengah, sehingga proses penyerapan kalor air secara konveksi membutuhkan waktu cukup lama. Perpindahan panas dari air laut menuju refrigerant melalui pipa evaporator sangat ditentukan oleh besarnya  koefisien perpindahan total serta luas bidang evaporator yang bersentuhan dengan air laut.
 
Gambar 2. Suhu evaporator pada pengujian

Penulis : Tri Nugroho Widianto, Peneliti LRMPHP


IKAN ASAP TANPA ASAP


Pembuatan ikan asap secara tradisional dilakukan dengan mengasapi ikan secara langsung dari pembakaran kayu atau tempurung kelapa. Metode ini mempunyai beberapa kelemahan, antara lain kualitas produk ikan kurang konsisten serta adanya deposit tar dan senyawa-senyawa yang berbahaya bagi kesehatan.

Metode lain untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satunya dengan memanfaatkan asap cair, sehingga pemberian aroma asap pada makanan akan lebih praktis, yaitu dengan pencelupan produk ke dalam asap cair yang diikuti dengan pengeringan seperti disampaikan oleh Darmadji  yang dimuat dalam jurnal Agritech pada tahun 2002. Asap cair dihasilkan dari pirolisis kayu atau tempurung kelapa yang merupakan hasil kondensasi asap menjadi bentuk cair.

 Asap cair  komponen  senyawa utama seperti fenol, karbonil, asam, furan, alkohol, ester, keton, hidrokarbon alifatik, dan poliaromatik hidrokarbon. Senyawa fenol berperan sebagai pembentuk aroma dan rasa asap, senyawa karbonil sebagai pembentuk warna kuning kecoklatan, sedangkan senyawa asam berperan sebagai pengawet produk ikan.

Pembuatan ikan asap menggunakan asap cair diantaranya telah dilakukan oleh Widianto yang dimuat dalam Prosiding Seminar Nasional Tahunan Hasil Penelitaian Perikanan dan Kelautan VI.  Asap cair yang diperoleh dari hasil pirolisis temputung kelapa pada suhu 400 0 C kemudian diendapkan selama semalam, setelah itu disaring menggunakan kertas Watman 42 dan diredestilasi pada suhu 1250 C. Ikan patin (Pangasiun sutchi) dibersihkan kemudian dibuang isi perut dan kotoranya, setelah itu dibentuk butterfly. Ikan patin yang digunakan mempunyai berat  300-500 gram/ekor. Ikan patin kemudian direndam dalam larutan asap cair selama 20, 30 dan 40 menit dengan konsentrasi asap cair sebesar 1, 2 dan 3 % dengan penambahan garam garam 2,5 %. Setelah perendaman ikan patin ditiriskan selama 30 menit kemudian dipanggang di dalam oven pada suhu 800C selama 8 jam. Selama pemanggangan ikan patin dibalik setiap 30 menit. Hasil pembuatan ikan patin asap menggunakan asap cair ditunjukkan pada Gambar 1.

Gambar 1. Ikan patin asap dengan asap cair

          
Salah satu penilaian kualitas ikan asap yang dihasilkan adalah dengan pengujian nilai hedonik. Hasil pengujian hedonik dilakukan dengan memberikan nilai kesukaan secara keseluruhan terhadap produk tanpa memperhatikan parameter sensori seperti kenampakan, rasa, bau, kapang, konsistensi dan lendir. Hasil uji organoleptik ikan asap yang diolah dengan menggunakan asap cair tempurung kelapa disajikan dalam Gambar 1. Dalam Gambar 2 menunjukkan bahwa panelis memberikan nilai hedonik tertinggi pada ikan asap yang direndam dalam asap cair 2% selama 40 menit. Hasil analisa Kruskal Wallis menunjukkan bahwa perlakuan konsentrasi dan lama perendaman menghasilkan perbedaan yang nyata tehadap nilai hedonik produk (P≤0.05). Hasil analisa lanjut Duncan terhadap nilai hedonik menunjukkan bahwa ikan asap yang direndam dalam asap cair konsentrasi  2% selama 40 menit mempunyai nilai tertinggi sebesar 6.38 (skala 1-9) dimana nilai tersebut tidak berbeda nyata dengan perendaman dengan asap cair konsentrasi 2% selama 20 menit (nilai 6.32). Nilai tersebut berkisar dari ”agak suka” sampai ”suka”.

Keterangan/Note  :      2%  = perendaman ikan dalam larutan asap cair 2 %
                                    3%  = perendaman ikan dalam larutan asap cair 3%
                                    4%  = perendaman ikan dalam larutan asap cair 4 % 
                                    T20 = perendaman ikan dalam larutan asap selama 20 menit
                                    T30 = perendaman ikan dalam larutan asap selama 30 menit
                                    T40 = perendaman ikan dalam larutan asap selama 40 menit      

Gambar 2. Pengaruh konsentrasi dan lama perendaman dalam asap cair   terhadap nilai  hedonik ikan patin  asap 

Pirolisis pada suhu 4000C menghasilkan asap cair dengan kandungan fenol paling tinggi (sebesar 4,01%) dan tidak mengandung senyawa benzo(a)pyrene. Senyawa kimia yang terdapat dalam asap cair adalah golongan fenol, asam, eter, ester, furan dan polihidroksi. Asap cair hasil pirolisis tempurung kelapa pada suhu 4000C digunakan untuk pembuatan ikan patin asap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perendaman fillet ikan patin dalam larutan asap cair dengan konsentrasi 2% selama 20 menit menghasilkan ikan patin asap yang paling disukai panelis.

Penulis : Tri Nugroho Widianto, Peneliti LRMPHP